Jumat, 09 September 2011

Selama Libur Lebaran, Pasien Jampersal Membeludak

Selama libur Lebaran, jumlah pasien Jaminan Persalinan (Jampersal) di RSUD Cibabat, Cimahi membeludak. Bahkan RSUD Cibabat sempat kewalahan hingga sejumlah ibu hamil yang hendak melahirkan terpaksa dirujuk ke rumah sakit lain.

Dijelaskan Direktur Utama RSUD Cibabat, Endang Kusumawardhani kepada wartawan ditemui di lingkungan Pemkot Cimahi, Kamis (8/9), jumlah ibu hamil yang datang saat libur Lebaran jauh lebih banyak dibandingkan hari biasanya.

"Data pastinya ada di kantor. Tapi yang jelas jumlahnya banyak sekali. Malah terpaksa ada yang kita kirim ke RS lain karena pasiennya sudah terlalu banyak dan ruangannya sudah penuh," kata Endang.

Bertambahnya jumlah pasien persalinan di saat libur Lebaran memang sudah diprediksi sebelumnya. Hal itu karena banyaknya bidan yang cuti Lebaran. Sehingga, membuat ibu hamil yang akan melahirkan memilih langsung datang ke rumah sakit.

"Hal itulah yang membuat jumlah pasien Jampersal bertambah banyak. Sehingga ruangan persalinan pun tidak mampu menampung seluruh pasien persalinan. Walau begitu, kita telah mempersiapkan tenaga medik untuk menanggulangi bertambahnya pasien jampersal," kata Endang.

Regulasi bidan

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Ike Hikmawati mengatakan membludaknya pasien Jampersal di RSUD Cibabat tidak seharusnya terjadi, jika saja dinas kesehatan (dinkes) bisa meregulasi para bidan.

"Walaupun mereka menggunakan Jampersal, tapi tetap mereka harus mendapatkan pelayanan maksimal," kata Ike ditemui di Gedung DRPD Kota Cimahi, Kamis (8/9).

Menumpuknya pasien Jampersal di RS menandakan masih buruknya pelayanan, terutama di bidang persalinan. "Untuk memberikan pelayanan maksimal mungkin nantinya dinkes harus mengatur jadwal cuti atau piket para bidan. Terutama untuk tenaga PNS yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat. Sehingga nantinya tidak akan ada pelayanan publik yang telantar, baik di puskesmas maupun rumah sakit," terang Ike.

Ike menilai langkah RSUD Cibabat yang melimpahkan pasien ke RS lain sudah tepat. Sebab, pelayanan persalinan dengan Jampersal di Kota Cimahi tidak hanya di RSUD saja. "Ada empat rumah sakit yang juga bisa melayani persalinan dengan Jampersal di Kota Cimahi, yakni RSUD Cibabat, RS MAL, Mitrakasih, dan Dustira. Jadi masyarakat tidak harus ke RSUD Cibabat untuk dapatkan pelayanan Jampersal. Ke rumah sakit tadi juga bisa. Masyarakat tidak usah sungkan untuk datang ke RS lainnya," tegas Ike. 


Sumber : Galamedia
Post title : Selama Libur Lebaran, Pasien Jampersal Membeludak
URL post : http://kabarcimahi.blogspot.com/2011/09/selama-libur-lebaran-pasien-jampersal.html

0 komentar:

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Posting Komentar

"Silahkan Komen", No Spamming Please